Lainnya

6 Makanan Ini Bisa Cegah Resiko Kanker Payudara

Cegah Resiko Kanker Payudara

6 MAKANAN INI BISA CEGAH RISIKO KANKER PAYUDARA

Sejumlah bukti penelitian mengungkap bagaimana makanan tertentu membantu menurunkan risiko kanker payudara. Sebut saja sayuran berdaun hijau yang mengandung senyawa tertentu dan dapat membantu melawan hormon penyebab kanker.

Sayuran mengandung sekelompok zat yang dikenal sebagai glucosinolates, yang merupakan bahan kimia yang mengandung sulfur yang menyebabkan rasa pahit dan aroma yang kuat. Tapi dibalik rasa tak lezatnya, studi justru menemukan, bahan tersebut dapat mencegah sel-sel dari kerusakan DNA dan menginduksi kematian sel sehingga mengurangi risiko kanker.

Simak ulasan lebih lanjut, seperti diberitakan Dailymail, Selasa (6/10/2015) berikut ini:

1. Kacang
Nurses Health Study menemukan, asupan kacang-kacangan seperti lentil, buncis dapat menurunkan risiko kanker payudara. Kacang-kacangan menawarkan sumber protein nabati dan nutrisi seperti kalsium, zat besi dan vitamin B.

2. Tomat
Tomat merupakan pilihan yang banyak dipercaya dapat menurunkan risiko kanker payudara karena tingkat antioksidan tinggi.
Ahli kanker payudara, Tara Whyand mengatakan, tomat kaya akan lycopene yang dapat mencegah masuknya sel-sel tidak perlu dalam tubuh. Selain tomat, semangka dan pepaya juga mengandung kadar lycopene tinggi.

3. Buah dan sayuran
Buah dan sayuran dapat mencegah kanker payudara karena kaya antioksidan dan vitamin, termasuk vitamin C, E dan folat. Konsumsi buah dan sayuran minimal lima porsi (400 g) per hari.

4. Ikan
Dalam studi yang dilakukan dari Universitas Zhejiang dan APCNS, omega-3 asam lemak tak jenuh yang ditemukan dalam ikan seperti salmon dan tuna juga dapat mencegah kanker payudara.
Analisis menyimpulkan, dari 800.000 wanita, hanya lebih dari 20.000 wanita yang mengembangkan kanker payudara selama penelitian. Hal ini menunjukkan, ikan mengurangi 14 persen risiko kanker.

5. Minyak zaitun
Minyak zaitun extra virgin adalah pilihan terbaik yang dapat dicampur makanan karena tinggi antioksidan dan fitonutrien.
Antioksidan mengurangi oksidasi dalam tubuh yang dapat menyebabkan radikal bebas diketahui menyebabkan kanker.
Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Navarra di Pamplona mencatat, wanita yang menerapkan diet Mediterania dan menambahkan minyak zaitun extra virgin ke dalam makanan mereka memiliki risiko kanker payudara 62 persen lebih rendah.

6. Kedelai, miso, kacang edamame
Makanan kaya kedelai alami seperti edamame, tofu, miso dan susu kedelai dapat mencegah kanker payudara.

Lembaga kanker nasional Amerika Serikat menemukan, salah satu bahan aktif dalam kedelai, isoflavon, sangat mirip dengan estrogen yang mengurangi efek estrogen dalam tubuh dan terbukti meningkatkan risiko kanker payudara. [liputan6.com]

Silakan Copy Artikel yang ada di sini, tapi cantumkan sumbernya http://akhwatmuslimahindonesia.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel