Lainnya

Coba Makanan-makanan ini, Bisa Bikin Awet Muda


Setiap perempuan pasti menginginkan tubuh yang cantik, putih serta awet muda. Menjadi cantik dan awet muda tidak selalu harus dengan mengeluarkan uang banyak. Anda bisa memilih cara sederhana, yaitu dengan makanan. Ya, beberapa jenis makanan tidak hanya dapat melakukan keajaiban untuk lingkar pinggang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi juga dapat memberikan manfaat yang sangat nyata untuk penampilan. Misalnya, menghaluskan kulit, menyamarkan kerut sehingga Anda tampak lebih muda, membuat rambut berkilau dan memperkuat kuku Anda. “Pola makan Anda secara langsung memengaruhi penampilan apakah sesuai, lebih muda atau malah lebih tua dari usia Anda sebenarnya,” kata Joshua Zeichner, MD, direktur kosmetik dan riset klinis Mt. Sinai Hospital New York City. Vitamin, mineral dan asam lemak yang ada di dalam makanan-makanan di bawah ini dapat berfungsi sebagai antioksidan penting untuk melindungi tubuh Anda dari pengaruh lingkungan yang merusak.


Semangka

Semangka kaya akan likopen, sejenis antioksidan yang banyak terdapat di buah dan sayuran merah seperti wortel dan tomat. Likopen mampu melidungi kulit Anda dari efek buruk sinar UV matahari, jelas Keri Glassman, RD, pendiri NutritiousLife.com. Ada studi yang menjelaskan bahwa semangka mengandung fitokemikal 40 persen lebih banyak dari tomat mentah, dan ini setara dengan SPF3. Researchers believe that the melon contains as much as 40 percent more of the phytochemical than raw tomatoes; that’s the equivalent of an SPF 3. Artinya, makan semangka dapat meningkatkan efektivitas krim tabir surya Anda.

Kopi

Secangkir kopi Jawa di pagi hari, bukan hanya dapat menambah semangat tapi kandungan senyawa bioaktifnya juga bisa melindungi kulit dari melanoma (sejenis kanker kulit), demikian menurut Journal of the National Cancer Institute. Menurut para peneliti, mereka yang minum empat cangkir kopi sehari, berkurang risikonya terhadap melanoma sebanak 20 persen dalam waktu 10 tahun dibanding dengan bukan peminum kopi.

Delima

Biji yang terdapat di dalam buah ini padat dengan kandungan antioksidan vitamin C yang berguna untuk mencegah keriput dini dan menjaga kekenyalan kulit dengan cara mengusir radikal bebas yang berpotensi merusak penampilan. Sebuah studi yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa konsumsi vitamin C dosis tinggi dapat mengurangi kekeringan dan keriput pada wanita paruh baya. Buah ini juga padat akan anthocyanin (yang membantu meningkatkan produksi kolagen, memberikan tampilan kulit yang lebih kencang) dan asam ellagic (bahan kimia alami yang mengurangi peradangan yang disebabkan oleh kerusakan UV).

Lobster

Makanan laut yang satu ini banyak mengandung mineral seng. Kerang memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengobati berbagai gangguan kulit, termasuk jerawat dan mempercepat pembaruan sel kulit,” kata Whitney Bowe, MD, asisten profesor klinis dermatologi di Mount Sinai School of Medicine.

Blueberry

Blueberry kaya akan vitamin C dan E (dua antioksidan yang bekerja bersamaan untuk mencerahkan kulit, meratakan warna kulit dan melawan kerusakan akibat radikal bebas), serta arubtin, “turunan alami dari hydroquinone yang berfungsi mencerahkan warna kulit,” kata Dr Zeichner.

Kale

Sayuran hijau ini memiliki daftar nutrisi yang panjang, salah satunya adalah vitamin K (membantu pembekuan darah sehingga pembuluh darah di sekitar mata tidak “bocor” yang membuat sekitar mata Anda menghitam seperti zombie). “Tidak cukup zat besi dalam pola makan Anda dapat menyebabkan kulit terlihat pucat dan tidak segar,” jelas Howard Murad, MD, profesor klinis kedokteran di UCLA. Untuk manfaat maksimal, makanlah kale yang masih segar alias belum dimasak.

Avocado

Buah ini kaya asam oleat, yang merupakan salah satu jenis asam lemak omega-9 untuk membantu mempertahankan kelembaban sehingga kulit tetap lembut dan kenyal, kata Dr. Bowe

Melon

Melon manis mengandung beta karoten atau vitamin A, yang diyakini mengatur pertumbuhan sel kulit baru di kepala Anda dan sebum di lapisan luar kulit, menurut Dr. Zeichner. (LT). (vemale)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel