Lainnya

Tak Perlu ke Salon Lho! Lakukan Langkah ini Tuk Dapatkan Rambut Sehat, Tebal dan Berkilau

Tak Perlu ke Salon Lho! Lakukan Langkah ini Tuk Dapatkan Rambut Sehat, Tebal dan Berkilau
Foto: Google

Setiap wanita pasti menginginkan rambut sehat, tebal dan berkilau. Namun banyak yang tak menyadari ada hal-hal yang sering dilakukan wanita justru membuat rambut rusak.

Ada ritual tertentu yang dilakukan wanita tanpa mempertimbangkan efeknya terhadap kesehatan rambut. Bahkan beberapa hal tertentu yang dilakukan secara otomatis setiap hari. Penting untuk Anda ketahui bahwa rambut terdiri dari sel-sel mati seperti halnya dengan kuku. Hal ini berarti bahwa rambut tidak dapat memproduksi vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan namun menyerapnya dari zat eksternal seperti minyak alami dari kulit kepada atau nutrisi yang didapatkan dari alam dan produk kecantikan. Teksturnya yang penuh pori-pori tak hanya dengan mudah dapat menyerap zat eksteral atau nutrisi dari produk kecantikan, namun juga menyerap hal negatif sepeerti polusi, sinar UV, zat kimia, dan garam.

Dilansir dari Brightside pada Rabu (11/5/2016), simak 20 langkah sederhana namun penting untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut Anda.

1. Lembabkan rambut dengan cuka setelah pemakaian sampo dan diamkan beberapa menit sebelum membilasnya. Rambut Anda akan terlihat lebih berkilau dari sebelumnya.

2. Sekali sebulan, gunakan masker yang terbuat dari alpukat.

3. Sesekali, selain menggunakan sampo Anda juga dapat mencuci rambut dengan putih telur. Mungkin terdengar aneh bagi Anda, namun produk alami ini dapat melembabkan rambut lebih baik dari produk komersial manapun, tanpa ada efek samping bagi kondisi rambut Anda.

4. Jangan terlalu sering mencuci rambut karena justru akan menghilang minyak dari kulit kepada yang dibutuhkan rambut Anda sebagai nutrisi untuk pertumbuhannya.

5. Gunakan sampo yang bebas sulfat. Sulfat adalah zat yang dapat merusak rambut karena menghilangkan kelembaban alami dari kuit kepala.

6. Kepang rambut dengan longgar sebelum tidur. Rambut Anda akan tampil dengan gelombang natural di pagi hari dan hal ini juga mencegah rambut kusut dan patah-patah, serta membuatnya lebih cepat panjang.

7. Pijat kulit kepada Anda setiap hari dengan menggunakan sisir kayu untuk memperlancar sirkulasi darah dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

8. Lindungi rambut dari sinar matahari. Anda dapat menggunakan tabir surya atau produk rambut khusus yang akan melindungi rambut Anda dari klorin atau air bergaram.

9. Jangan terlalu sering melakukan blow dry pada rambut. Biarkan rambut mengering secara alami atau gunakan losion pelindung rambut dari panas sebelum proses blow dry.

10. Pastikan rambut Anda benar-benar kering sebelum tidur jika Anda tidak ingin mengalami bad hair day keesokan harinya. Rambut yang basah bersifat lebih rentan dan cenderung mudah patah.

11. Jangan menggunakan alat catok atau alat pengeriting sebelum mengaplikasikan pelindung rambut dari panas. Panas yang tinggi dari alat-alat penata rambut tersebut dapat merusak serat dari helaian rambut.

12. Minyak argan memiliki banyak manfaat untuk rambut misalkan untuk rambut patah-patah atau kulit kepala yang kering. Anda juga dapat menggunakannya sebagai kondisioner yang tak perlu dibilas lagi.

13.Jangan menyisir rambut saat masih basah karena akan melemahkan serat-seratnya dan menyebabkan rambut mudah patah. Anda dapat menggunakan sisir jari setelah pemakaian kondisioner.

14. Sebisa mungkin, jangan melakukan dyeing atau bleaching pada rambut. Produk-produk tersebut mengandung zat kimia seperti amonia yang dapat menyebabkan kerusakan pada rambut dan kulit kepala.

15. Gunakan sarung bantal berbahan satin atau sutra pada bantal Anda. Material ini dapat mengurangi kerusakan pada rambut karena tidak akan membuat rambut tersangkut atau tercabut saat Anda memindahkan posisi kepala di bantal sepanjang malam.

16. Jika rambut Anda pecah-pecah pada bagian ujungnya, sebaiknya Anda memotong rambut setiap 8 minggu untuk menjaganya tetap sehat.

17. Konsumsi biotin, vitamin yang dapat meningkatkan pertumbuhan kuku dan rambut serta regenerasi kulit.

18. Relaks! Tingkat stres juga memengaruhi kondisi rambut. Sebaik apa pun Anda merawat rambut Anda, jika Anda stres, rambut Anda takkan bisa seindah yang diharapkan.

19. Perhatikan nutrisi yang Anda konsumsi setiap hari. Untuk rambut yang sehat, Anda membutuhkan asupan protein, lemak alami dan vitamin.

20. Manjakan rambut secara rutin dengan masker alami atau masker yang dijual di toko-toko yang kaya akan vitamin dan minyak. (Liputan6)

Silakan Copy Artikel yang ada di sini, tapi cantumkan sumbernya http://akhwatmuslimahindonesia.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel