Lainnya

Info Penting Untuk Wanita, Jangan Abaikan! Waspadai Kesehatan dengan Mengenal Warna Darah Haid Anda

Info Penting Untuk Wanita, Jangan Abaikan! Waspadai Kesehatan dengan Mengenal Warna Darah Haid Anda
Foto: produkwish

Darah haid atau darah menstruasi yang dikeluarkan dari rahim wanita dalam setiap bulannya memiliki warna yang berbeda-beda. Dengan mengetahui warna darah haid, kaum hawa bisa mewaspadai agar kesehatannya tetap terjaga.

Darah haid mempunyai bermacam-macam warna, darah haid dapat berwarna merah terang, kecokelatan, dan juga hitam. Perubahan yang terjadi pada warna darah kotor ini bukanlah termasuk kondisi yang serius, tapi tetap harus diwaspadai atas segala kemungkinan gangguan kesehatan.

Jika tidak dalam keadaan hamil, darah haid normal terjadi setiap bulan, biasanya setiap 21 hingga 35 hari sekali dalam jangka waktu dua hingga tujuh hari. Darah yang dikeluarkan pun jumlahnya bervariasi, mulai dari 4 sendok teh hingga 12 sendok teh setiap kali kedatangan bulan.

Untuk mengenal warna darah haid beserta artinya, berikut seperti dilansir Meetdoctor, Senin (3/8):

1.Merah terang, darah yang baru saja dikeluarkan dari dalam tubuh. Aliran darah yang terjadi cenderung ringan dan teratur.

2.Merah gelap, yang menandakan adanya darah yang lebih tua dan sudah lebih lama disimpan dalam rahim dan baru keluar. Biasanya, darah dengan warna demikian terjadi saat wanita bangun tidur.

3.Kecokelatan maupun kehitaman, yang menandakan adanya darah tua. Para wanita yang mengalami darah ini biasanya mengalaminya waktu mendekati akhir periode menstruasi, dengan aliran darah yang tidak deras. Wanita dengan kondisi siklus menstruasi yang tidak teratur juga cenderung mengalami darah menstruasi dengan warna demikian

4.Oranye, warna yang timbul karena darah bercampur dengan cairan dari serviks. Selain itu, warna oranye juga dapat mengindikasikan adanya infeksi. Jika darah oranye terus terjadi dengan adanya gejala kesehatan, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Hal-hal yang harus diwaspadai dari perubahan warna pada darah haid adalah jika merasa lelah berlebihan, rasa pusing, kulit dan kuku yang menjadi pucat dan siklus menstruasi yang tidak teratur. Kondisi ini dapat menjadi tanda adanya penyakit anemia atau orang sering menyebutnya kurang darah, yang membutuhkan suplemen zat besi. (RPBLK)

Silakan Copy Artikel yang ada di sini, tapi cantumkan sumbernya http://akhwatmuslimahindonesia.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel