Lainnya

Ucapkanlah Jazakallahu Khairan Karena itu Lebih Baik Dari Pada Terimakasih


Ketika kita diberi sesuatu atau diberi pertolongan oleh orang lain mungkin yang spontan diucapkan oleh orang Indonesia adalah mengucapkan terima kasih. Tapi, Sob ternyata ada ucapan yang lebih sempurna loh dalam berterima kasih. Meskipun kita nggak bisa membalas dengan pemberian atau pertolongan yang sebanding, tapi paling tidak kita mengucapkan ucapan yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.


1.Ucapan yang sempurna dalam berterima kasih

Dari Abu Hurairah, dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika seseorang mengatakan kepada saudaranya, ‘Jazakallahu khairan’ maka sesungguhnya dia telah sempurna dalam mengungkapkan rasa terima kasih.”

Arti dari ucapan Jazakallahu khairan adalah semoga Allah membalas dengan kebaikan yang setimpal. Jadi, ketika kita merasa kita tidak mampu membalas kebaikan orang tersebut, rasa terima kasih kita tetap telah sempurna, seperti yang disebutkan dalam hadits, karena kita mengakui kekurangan dan ketidakmampuan itu, lalu memasrahkan balasan yang diberikan kepada Allah agar Allah ta’ala yang memberikan balasan yang setimpal (Kitab Faidhu Qadir, 6:172).

2.Menjadi tanda bersyukur pada Allah

Ucapan ini juga menjadi rasa syukur kita terhadap Allah ta’ala, Sob. Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak bersyukur kepada Allah seorang yang tidak bersyukur kepada manusia.” HR. Abu Daud dan dishahihkan oleh Al Albani di dalam kitab Silsilat Al Ahadits Ash Shahihah, 1/702.

3.Mengikuti tuntunan Rasulullah dalam membalas pemberian orang lain

Membalas kebaikan orang lain salah satu caranya adalah dengan memberikan pujian pada orang tersebut. Usamah bin Zaid berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang dibuatkan kepadanya kebaikan, lalu ia mengatakan kepada pelakunya: “Jazakallah khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh ia telah benar-benar meninggikan pujian.” HR. Tirmidzi dan dishahihkan oleh Al Albani di dalam kitab Shahih Al jami’, no. 6368.

Nah, Sob dalam pengucapannya pun, sebaiknya diucapkan dengan lengkap, yaitu Jazakallahu khairan. Mungkin ada kalanya kita mengucapkan dengan singkat hanya dengan Jazakallahu saja. Arti dari ucapan ini sendiri hanya sampai pada “Semoga Allah membalasmu (dengan)..” Kan ambigu tuh, membalasnya dengan apa niih? Meskipun mungkin yang kita maksud tentu membalas dengan kebaikan, supaya do’a tersampaikan, ucapkan dengan sempurna ya.

Semoga Allah ta’ala memudahkan kita dalam melaksanakan amalan ini. Allahu a’lam.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel