Innalillah... Inilah Bahaya Bahan Kimia dari Proses Produksi Pakaian Dalam


Memilih pakaian dalam bukan hanya dilihat dari model ataupun warna yang disuka. Tapi sebaiknya, utamakan keamanannya untuk kesehatan.

Hal ini karena dalam pemrosesannya, pakaian dalam kerap kali menggunakan bahan-bahan kimia, yang bisa berbahaya bagi tubuh, terutama pada kulit. Yan Mei Phang salah satu pemilik dari Rheto, produsen pakaian dalam, mengatakan, bahan kimia yang tinggi dan digunakan untuk proses produksi pakaian dalam pada beberapa merek bahkan bisa menyebabkan kanker.

"Kadang itu ada warna yang sulit, si suplier susah, jadi dia pakai bahan pencelup yang kadar kimianya tinggi, kalau dipakai menyebabkan alergi dan juga kanker," ungkap Mei, saat ditemui di FX Senayan, Jakarta, Jumat 24 Februari 2017.

Dia menyarankan, bahwa dalam memilih produk yang aman sebaiknya memilih produk yang telah tersertifikasi Oeko-tex. Sertifikasi ini merupakan sistem uji dan sertifikasi yang independen dan mendunia untuk produk tekstil mentah, hingga menjadi produk jadi.

"Jadi oeko-tex ini adalah sertifikasi yang aman dan friendly to skin, jadi yang ramah untuk kulit," kata dia.

Dia mengatakan, bahwa oeko tex ini selain ramah di kulit, juga ramah untuk lingkungan. Hal ini menurut Mei karena sertifikasi oeko tex sendiri memang sangat konsen terhadap kondisi alam.
"Jadi bukan hanya ramah untuk kulit saja, ketika sudah tidak terpakai pun, pakaian dalam jenis ini juga ramah untuk lingkungan." [viva]