Calon Umi Shalehah Itu Puasa Oke, Shalat Selalu, dan Dakwah Juga Selalu Terdepan!



Calon Umi Shalehah Itu
Puasa Oke, Shalat Selalu, dan Dakwah Juga Selalu Terdepan!
Soal perintah puasa, zakat dan shalat, saya yakin Anda semua sudah sepakat bahwa itu kewajiban laki-laki dan perempuan. Perintah menutup aurat bagi laki-laki dan perempuan juga sama, walau batasan auratnya beda. Perintah untuk menjauhi zina, ghibah, fitnah dan perbuatan maksiat lainnya tentu sudah bisa dipahami juga. Alhamdulillah, sudah banyak yang melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari, walau masih ada saja yang ngeyel tidak mau melakukan.
.
Namun jangan lupa, ada perintah Allah lain yang juga ditujukan baik bagi laki-laki maupun perempuan, yaitu untuk ber-amar ma’ruf nahi munkar. Sayangnya, tugas ini masih banyak yang belum melaksanakan. Yang ada, mereka malah mengatakan sejenis, “Ngapain urus orang lain? Toh masalah pribadi dan keluarga saya juga banyak.” Orang seperti ini berarti terserang penyakit individualisme/egoisme (mementingkan urusan diri sendiri), seperti Kak Ode jelaskan dalam buku ke-51 yang berjudul “ISME-ISME MAKSIAT”. Padahal, Islam mewajibkan amar ma’ruf nahi munkar, baik kepada laki-laki maupun perempuan. Islam tidak membatasi peran wanita dalam dakwah, bahkan justu sangat dianjurkan.
.
Sebagaimana firman Allah,
“Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang makruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan mereka taat kepada Allah dan RasulNya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”
(QS At Taubah: 71)
.
Ayat di atas menjelaskan secara detail perintah pada laki-laki dan perempuan mukmin untuk melakukan amar ma’ruf nahi munkar. Nah, untuk melakukan aktivitas amar ma’ruf nahi munkar tersebut tentu tidak lain dengan cara berdakwah. Ini adalah bentuk ketaatan lain pada Allah dan RasulNya.

Ditulis @LaOdeMunafar dalam buku #CalonUmiShalehah

#GaulFresh #LaOdeMunafar #CalonUmiSahelah